/>

Tips Mudik Agar Lebih Aman, Nyaman dan Menyenangkan

Tak terasa sebentar lagi seluruh umat Islam di seluruh dunia akan merayakan hari kemenangan, Idul Fitri 1437 H. Di negara kita, Idul Fitri atau lebaran identik dengan mudik atau pulang dari perantauan ke kampung halaman, yang mana dilakukan oleh sebagian besar dari kita semua.

Menengok kampung halaman sembari silaturahmi dengan para kerabat dan keluarga tampaknya sudah menjadi salah satu kewajiban atau setidaknya rutinitas yang harus dilakukan di momen-momen tertentu, khususnya oleh mereka yang merantau untuk bekerja di kota-kota besar.

Sebelum mudik, tentulah harus diperiapkan terlebih dahulu segala sesuatu yang dibutuhkan selama perjalanan nanti. Nah, agar mudik jadi lebih aman, nyaman, dan menyenangkan, simak beberapat tips berikut ini:

Mudik dengan Kendaraan Pribadi

Mobil atau motor adalah kendaraan pribadi yang banyak dipilih untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Agar perjalanan menuju kampung halaman tetap aman dan nyaman, berikut adalah beberapa tipsnya.

Cek kondisi kendaraan
Mengecek kondisi kendaraan ke bengkel sebelum mudik sebaiknya dilakukan karena perjalanan menuju kampung halaman biasanya akan menempuh jarak yang jauh dan memakan waktu yang lama. Anda tentu tak ingin di tengah perjalanan mudik kendaraan yang dipakai mengalami masalah kan? Karena itulah cek kondisi kendaraan ke bengkel sebelum mudik ke kampung halaman.

Cek info terkini rute mudik yang akan dilalui
Ingat, yang akan mudik ke kampung halaman bukan cuma Anda dan keluarga. Perjalanan menuju ke kampung halaman tentu akan dipadati oleh pemudik lain yang jumlahnya sangat banyak. Mengecek info terkini rute yang akan dilalui akan membuat kita jadi lebih tahu rute atau jalan-jalan mana yang macet sehingga Anda bisa terhindar dari kemacetan yang parah.

Selain itu cek juga beberapa jalur alternatif yang bisa Anda pakai untuk menghindari kemacetan saat mudik dan apabila memang harus memakai jalur alternatif pastikan ada pom bensin di sepanjang jalur alternatif tersebut agar kendaraan Anda tidak kehabisan bensin saat perjalanan mudik.

Bawa barang secukupnya saja
Walaupun membawa kendaraan sendiri, bawalah barang-barang secukupnya saja dan tidak perlu berlebihan. Ingat, kendaraan juga punya batas kapasitas yang harus dipatuhi agar bisa tetap melaju dengan nyaman dan aman.

Mudik dengan Angkutan Umum

Sama dengan mudik dengan kendaraan pribadi, ada beberapa hal yang sebaiknya dipersiapkan agar perjalanan mudik dengan angkutan umum tetap aman dan nyaman. Apa saja? Berikut adalah beberapa di antaranya.

Bawa barang secukupnya
Ingat, Anda akan mudik menggunakan angkutan umum di mana Anda harus berbagi tempat dengan penumpang lainnya. Selain agar tidak merepotkan diri sendiri dan tidak mengganggu kenyamanan penumpang lain, membawa barang secukupnya juga akan menekan risiko tertinggal atau kehilangan.

Jangan gunakan perhiasan/benda berharga
Kenapa sebaiknya jangan menggunakan perhiasan/benda berharga? Agar Anda terhindar dari aksi kriminalitas yang makin marak di pelabuhan, terminal atau stasiun selama musim mudik seperti saat ini. Cukup pakai pakaian yang sederhana dan tidak mencolok agar perjalanan mudik Anda terasa lebih nyaman dan aman.

Waspadai penumpang lain yang menawarkan makanan/minuman
Menawarkan makanan dan minuman memang tampaknya sikap yang sopan tapi ternyata trik inilah yang dipakai oleh oknum-oknum penjahat untuk menguras harta para pemudik yang menggunakan angkutan umum di pelabuhan, terminal dan stasiun. Tolaklah semua tawaran makanan atau minuman tersebut tapi tetap dengan sikap yang sopan agar tidak menyakiti hati mereka yang menawarkan makanan atau minuman tersebut.

Jangan Lupa Jaga Stamina dan Daya Tahan Tubuh!

Kendaraan apapun yang Anda pilih untuk mudik, baik kendaraan sendiri maupun kendaraan umum, menjaga stamina dan daya tahan tubuh selama perjalanan mudik wajib untuk dilakukan. Jika Anda membawa kendaraan pribadi, istirahatlah di rest area atau tempat istirahat lain saat tubuh terasa lelah agar stamina bisa kembali pulih dan daya tahan tubuh tidak terganggu. Minumlah suplemen kesehatan bila diperlukan.

Selamat Mudik